Belajar

Apa itu Minyak Esensial?
...

Minyak esensial adalah versi minyak alami dalam tanaman yang sangat terkonsentrasi. Minyak esensial memberikan aroma pada tanaman, melindunginya dari kondisi lingkungan yang keras dan juga dari serangga, dan dalam beberapa kasus bahkan berperan dalam penyerbukan tanaman.


Pernahkah Anda meremas bunga lavender segar dan memperhatikan aroma yang tersisa di tangan Anda? Atau mengiris jeruk segar dan memperhatikan aroma yang segar dan berair? Karna pada dasarnya itu adalah minyak esensial!



Bagaimana Minyak Esensial Diproduksi?


Kemurnian minyak dapat berubah tergantung pada lokasi geografis, metode penyulingan, cuaca, dan faktor lainnya. Penyul ingan minyak esensial lebih merupakan bentuk seni yang hanya proses, varians kecil dalam jumlah bahan tanaman, air atau suhu benar-benar dapat mengubah hasilnya.

 

Distilasi uap

Sebagian besar minyak esensial murni diekstrak dari tanaman melalui penyulingan uap. Tanaman yang baru dipetik tergantung di atas air mendidih, dan uap menarik minyak keluar dari pabrik. Uap pun naik, ditampung dalam sebuah bejana, dan terdorong pada sepanjang pipa. Kemudian uap tersebut dengan cepat didinginkan, menyebabkannya mengembun kembali menjadi air. Karena air dan minyak esensial tidak bercampur, keduanya terpisah, dan minyak esensial pun dikumpulkan.


Distilasi hidro

Bunga-bunga halus seperti mawar dan bunga jeruk akan menggumpal bersama ketika dimasukkan bersama dengan uap pada saat proses distilasi, jadi metode ekstraksi yang paling efektif dalam situasi ini adalah merendam bahan tanaman yang rapuh dalam air murni yang mendidih sebagai gantinya. Air melindungi minyak yang diekstraksi dari kepanasan. Cairan kental mendingin dan minyak dan air terpisah satu sama lain.


Cold Pressed

Sebagian besar minyak esensial jeruk diproduksi melalui metode colp pressing. Di kulit buah jeruk yang tebal ada sedikit kantong minyak esensial, Anda mungkin telah memperhatikan ketika Anda memotong menjadi buah jeruk minyak esensial disemprotkan keluar dan mengeluarkan aroma yang indah. Dalam proses ekstraksi dingin kulit b uah jeruk dipotong oleh mesin dan yang penting dikumpulkan dalam spons.


Ekstraksi pelarut

Metode ini menghasilkan aroma yang lebih halus daripada metode distilasi jenis apa pun. Ini menggunakan pelarut tingkat pada makanan seperti heksana dan etanol untuk mengisolasi minyak esensial dari bahan tanaman. Ini paling cocok untuk bahan tanaman yang menghasilkan minyak esensial dalam jumlah rendah, yang sebagian besar damar, atau aromatik yang halus tidak mampu menahan tekanan dan tekanan distilasi uap.


Setelah bahan tanaman ditangani dengan pelarut, ia menghasilkan senyawa aromatik lilin yang disebut "konkret." Ketika zat konkret ini dicampur dengan alkohol, partikel minyak dilepaskan. Minyak di tahap akhir kemudian ditangani untuk terakhir kalinya untuk memastikan bahwa sebanyak mungkin pelarut telah dihilangkan.


CO2 Ekstraksi

Dalam keadaan normal, karbon dioksida adalah gas yang kita hirup terus menerus. Menggunakan peralatan ekstraksi superkritis khusus CO2, CO2 memiliki kemampuan yang bersifat seperti fluida. Bertindak seperti fluida, ia dapat melarutkan bahan non-polar dengan berat molekul rendah dalam proses yang dikenal sebagai Supercritical Fluid Extract (SCF).


Ekstraksi CO2 menggunakan suhu yang sangat rendah, yang semua komponen sensitif panasnya tetap utuh. Selama seluruh proses, oksigen dikeluarkan sehingga semua komponen sensitif oksidasi tetap utuh. Profil aroma ekstrak CO2 umumnya lebih dekat dengan bahan tanaman segar dan mereka umumnya me miliki umur simpan yang lebih lama juga.


Bagaimana cara kerja mereka?

Minyak esensial dapat diserap ke dalam tubuh melalui kulit dan hidung. Ketika minyak esensial diserap melalui kulit, mereka masuk ke pembuluh darah yang membawa molekul penyembuhan ke seluruh tubuh.


Panas, air dan menutupi area yang dirawat meningkatkan tingkat penyerapan sehingga metode aplikasi seperti mandi dan kompres adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penyerapan minyak esensial ke dalam tubuh.


Ketika Anda menghirup minyak esensial, molekul aromatik menempuh dua rute. Turun ke paru-paru Anda dan naik ke sistem limbik di otak. Melalui paru-paru, minyak esensial masuk ke aliran darah di mana mereka dibawa ke seluruh tubuh. Sistem limbik adalah bagian primitif otak dan berhubungan dengan memori dan respons emosional. Inilah sebabnya mengapa aroma tertentu dapat menghasilkan ingatan dan emosi yang kuat di dalam diri kita dan bagaimana minyak esensial dapat membantu meningkatkan keadaan emosi kita.





Hubungi Kami
Telepon : 082299989320
Email : [email protected]
Jam kerja : Senin-Sabtu 10:00-18:00
Social media
COPYRIGHT © PT DARJEELING SEMBRANI AROMA.