Blog

10 Manfaat Minyak Akar Wangi Bagi Kesehatan Kita
...

Pernahkah Anda mendengar tentang vetiver, yaitu tanaman akar wangi yang memang memiliki aroma khas? Ya, tanaman akar wangi sering dijadikan bahan pembuatan minyak esensial. Nama minyak tersebut adalah minyak akar wangi atau vetiver oil.


Jenis tanaman ini memang berasal dari daratan India. Berhubung bisa dikembangkbiakkan pada lahan yang kering dan termasuk wilayah tropis, vetiver pun juga bisa dibudidayakan di Indonesia.


Tanaman akar wangi sendiri sering disalahpahami sebagai tanaman serai wangi karena penampilannya. Padahal tanaman akar wangi dan serai wangi memiliki aroma khas yang berbeda.


Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai tanaman akar wangi dan pemanfaatannya, hendaknya ikuti artikel kami ini hingga selesai ya. Karena kami akan menjelaskan secara detail mengenai tanaman serta minyak akar wangi.


Pemanfaatan Akar Wangi Sebagai Minyak Esensial



Tanaman akar wangi sering juga disebut sebagai narwastu, dan merupakan salah satu tanaman perennial yang berasal dari daratan India. Tanaman yang satu ini bisa hidup di daerah dengan curah hujan sedang atau rendah, dan suhu udara lumayan tinggi.


Inilah mengapa Anda bisa menjumpai tanaman akar wangi di Indonesia dengan mudah. Tanaman yang satu ini sering disamakan dengan tanaman serai wangi, padahal ada berbagai perbedaan yang dimiliki, terutama dari segi aroma.


Tanaman akar wangi bisa tumbuh mencapai 1,5 meter atau 2 meter dengan waktu panen sekitar 8 hingga 12 bulan. Bagian yang dimanfaatkan sebagai produk minyak esensial adalah akarnya, yang memiliki bau khas tersendiri.


Ya, aroma dari akar wangi ini memang eklektik, eksotis, dan sangat harum. Tak heran jika minyak esensial dari akar wangi begitu laris, terlebih karena manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.


Proses pemanfaatan akar wangi bisa dilakukan dengan cara menyuling akar wangi yang telah dipanen. Setelah itu akar wangi pun diletakkan pada wadah dan dikemas dengan rapi, setelah itu dijual.


Minyak esensial akar wangi yang sudah dikemas harganya bisa sangat mahal, tergantung dari ukuran volume minyak yang dijual. Dalam 10 mililiter kemasan minyak ini, bisa dijual lebih dari Rp 350.000,00.


Berbagai Manfaat Dari Minyak Akar Wangi




Menjadi salah satu komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomis tinggi, menjadikan minyak akar wangi sebagai sorotan dunia. Manfaat akar wangi memang sangat beragam untuk kesehatan tubuh manusia. Jika Anda penasaran, berikut ini ulasannya :


1. Sebagai Antiseptik


Tanaman akar wangi memiliki sifat antiseptik yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama ketika terjadi luka pada tubuh manusia. Sifat alami tersebut dimiliki oleh akar wangi, menyebabkan minyak esensial begitu banyak dicari para praktisi pengobatan tradisional.


Sifat antiseptik ini bisa membersihkan luka baru atau luka lama agar tidak terkena bakteri dari lingkungan sekitar. Proses penutupan luka tersebut dengan minyak esensial akan menyebabkan luka bisa bersih dan terhindar dari infeksi lanjutan.


Ketika mengalami luka, segera bersihkan area tersebut dengan air lalu oles minyak akar wangi di sekitar luka tersebut. Sifat antiseptik dari minyak vetiver akan merasuk ke dalam kulit dan melakukan proteksi dari infeksi sebelum luka diberi penanganan lebih lanjut.


2. Sebagai Sarana Anti Inflamasi


Minyak akar wangi yang telah diolah dengan cara khusus memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan dicampur menggunakan carrier oil agar tidak terlalu pekat.


Ketika mengalami bengkak pada bagian tubuh akibat sinar matahari atau dehidrasi, Anda bisa coba mengoleskan minyak akar wangi pada bagian tersebut. Selain itu, minyak ini bisa digunakan untuk meredakan jerawat yang paling parah sekalipun.


Jika Anda juga mengalami keluhan pada sirkulasi darah, Anda bisa menggunakan minyak vetiver untuk meredakannya. Namun ingat, penggunaan minyak vetiver tidak untuk penggunaan internal ya.


3. Sebagai Penghilang Bekas Luka


Bekas luka biasanya didapatkan ketika seseorang mengalami luka yang cukup parah sebelumnya. Bekas luka bisa hadir karena kulit terlalu sensitif dengan perubahan pigmen. Dan Anda yang ingin menyingkirkan bekas luka bisa menggunakan minyak ini.


Minyak akar wangi mengandung senyawa cicatrizant yang bisa digunakan untuk mengeringkan bekas luka di kulit. Senyawa ini bisa mendorong produktivitas tubuh dalam menghasilkan jaringan baru untuk menggantikan sel yang sudah mati.


Dengan kata lain, minyak akar wangi bisa berperan sebagai booster bagi tubuh untuk menggantikan jaringan yang sudah mati tersebut. Dan dengan penggunaan rutin, Anda bisa mendapatkan kulit yang bersih dan bebas luka.


4. Sebagai Penenang Saraf


Akar wangi atau atsiri sangat terkenal sebagai salah satu minyak esensial yang bersifat aromaterapi dan bisa mempengaruhi trafik otak para penggunanya. Penggunaan minyak atsiri vetiver bisa menenangkan saraf dan membuat otak lebih stabil.


Hal ini dikarenakan dengan aromanya, minyak vetiver bisa membuat seseorang lebih rileks. Otak pun akan dipengaruhi, sehingga produksi hormon serotonin yang memicu kebahagiaan seseorang pun meningkat.


Para penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) mengalami gangguan dalam memusatkan perhatian mereka pada satu hal. Mereka juga disarankan untuk menggunakan minyak vetiver sebagai sarana penyembuhan. Ini menunjukkan bahwa minyak ini sangat efektif digunakan sebagai penenang otak.


5. Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur


Setiap manusia butuh tidur, dan tidur butuh ketenangan. Seseorang dengan beban pikiran yang banyak pasti akan mengalami insomnia. Trafik otak yang tinggi menghalangi seseorang untuk bisa tidur nyenyak.


Padahal jika seseorang mengalami insomnia, ia akan memiliki kualitas tidur yang jelek. Hal ini mempengaruhi produktivitasnya dalam bekerja sehari-hari. Inilah mengapa Anda yang mengalami insomnia butuh terapi minyak akar wangi.


Ya, minyak vetiver memiliki kandungan yang bisa membuat seseorang lebih tenang. Dengan begitu, insomnia bisa dihalau dan seseorang bisa tidur lebih nyenyak. Dengan proses tidur yang lebih cepat, seseorang juga akan memiliki kualitas tidur yang lebih tinggi.


6. Menghambat Penuaan Dini


Di dalam akar wangi, terdapat antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Clemson University sudah membuktikan bahwa dalam tanaman vetiver terdapat kandungan antioksidan yang tinggi pada penelitian mereka pada tahun 2005.


Antioksidan bisa memproteksi tubuh dari penuaan dini yang seringkali disebabkan oleh radikal bebas. Dan antioksidan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas tersebut, menyebabkan seseorang menjadi lebih awet muda.


Inilah mengapa banyak orang mencampurkan minyak vetiver dalam produk skincare mereka. Karena diyakini minyak akar wangi yang telah bersertifikasi SNI bisa dijadikan pelindung kulit yang memiliki sifat anti aging.


7. Meningkatkan Gairah Berhubungan Intim


Bagi orang dewasa yang sudah menikah, gairah berhubungan intim antara suami dan istri mempengaruhi keharmonisan hubungan rumah tangga yang mereka bangun. Namun sebagai manusia normal pastinya penurunan gairah seks seringkali terjadi.


Hal ini bisa dipengaruhi oleh peningkatan hormon kortisol yang dipicu oleh tingginya tingkat stres seseorang. Ketika hormon kortisol meningkat, gairah untuk berhubungan intim secara tidak langsung akan menurun.


Minyak akar wangi yang memiliki sifat afrodisiak bisa membantu meningkatkan gairah seks tersebut. Minyak tersebut bekerrja dengan cara meningkatkan produksi hormon testosteron, yang berkaitan langsung dengan libido seseorang.


8. Meningkatkan Sistem Imun


Harga minyak akar wangi memang tidak seberapa dibandingkan dengan manfaat minyak vetiver yang satu ini. Ya, benar sekali jika minyak akar wangi atau vetiver oil berpengaruh positif terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang.


Minyak akar wangi yang digunakan secara rutin bisa secara otomatis menghalau racun yang ada pada tubuh seseorang. Dan secara otomatis, tubuh bisa menjadi lebih kebal terhadap penyakit.


Tak hanya itu, Anda juga bisa memiliki performa prima yang stabil, sehingga tidak mudah kehilangan fokus terutama ketika bekerja. Anda bisa memicu sistem imun pada tubuh dengan cara menghirup aroma dari minyak ini secara rutin setiap hari.


9. Membuat Kulit Lebih Halus dan Cerah


Produk minyak akar wangi dengan COA (Certificate of Analysis) menjadi incaran para beauty enthusiast yang juga tergila-gila pada penggunaan minyak esensial. Karena memang minyak ini memiliki efek yang cukup bagus untuk kesehatan kulit. Terlebih minyak dengan hasil tes GC-MS yang baik.


Pada penjelasan sebelumnya telah kami beritahukan jika akar wangi sangat berpengaruh terhadap pengempesan jerawat dan proses mengusir bekas luka pada kulit. Namun begitu, proses regenerasi kulit akan lebih mulus jika dilakukan dengan minyak ini.


Kulit yang tadinya penuh dengan bekas luka akan mengalami pemerataan warna. Hal ini menjadikan kulit menjadi lebih cerah dan seimbang, ditambah dengan efek whitening yang dimiliki akar wangi. Kulit pun akan semakin menawan dengan penggunaan rutin minyak vetiver.


10. Sebagai Zat Pengusir Rayap


Siapapun pasti tidak ingin rumahnya kemasukan rayap, sehingga banyak yang melakukan pembasmian rayap menggunakan cairan tertentu. Yang lebih parah, proses pembasmian tersebut dilakukan menggunakan cairan pembasmi rayap yang berbahaya bagi kesehatan.


Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin membasmi rayap, sebaiknya gunakan minyak vetiver secara langsung. Minyak yang satu ini bisa menghambat aktivitas rayap dalam menggerogoti perabotan Anda.


Tak hanya itu, efek dari minyak yang satu ini bisa bertahan lama karena bisa membunuh larva rayap secara alami. Dengan begitu, Anda bisa lega karena tidak ada satupun rayap yang berani masuk ke rumah Anda setelah aplikasi minyak akar wangi di rumah.


Dimana Tempat Membeli Minyak Akar Wangi Yang Ori?


Anda sudah mengetahui berbagai manfaat dari minyak vetiver yang berkualitas. Anda bisa membeli minyak ini di orang jual minyak akar wangi berkualitas seperti darjeelingaroma.co.id.


Atau Anda juga bisa menjumpainya di apotik atau toko obat yang menjual minyak esensial terbuat dari vetiver. Mereka pasti akan menyediakan minyak akar wangi yang tidak kalah kualitasnya dari yang dijual di darjeelingaroma.co.id.


Tips Penggunaan Minyak Akar Wangi Yang Efektif



Anda bisa menggunakan minyak akar wangi untuk mendapatkan berbagai manfaat seperti yang telah disebutkan dengan berbagai cara. Seperti dilarutkan pada cairan sabun untuk digunakan ketika mandi, hingga dilarutkan pada lotion dan digunakan seperti handbody.


Banyak juga orang yang menggunakan minyak akar wangi dengan cara diuapkan melalui diffuser dan nikmati aromanya sepanjang hari. Tak jarang juga orang melarutkan minyak akar wangi dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak sunflower untuk mendapatkan khasiatnya.


Yang pasti, proses penggunaan minyak akar wangi hanya boleh dilakukan melalui jalur eksternal. Dalam kata lain, minyak akar wangi tidak untuk dikonsumsi atau ditelan. Dengan menggunakan minyak akar wangi secara rutin, tubuh akan semakin sehat.


Nah, itulah berbagai manfaat dari minyak akar wangi vetiver yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan diatas, pastinya Anda ingin segera membeli minyak vetiver untuk kebaikan hidup Anda sendiri, bukan? Semoga bermanfaat!