Blog

8 Manfaat Castor Oil Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut
...

Pernahkah Anda mendengar tentang castor oil atau minyak jarak? Castor oil merupakan salah satu jenis minyak esensial yang banyak digunakan masyarakat sebagai metode pengobatan tradisional.


Hal ini dikarenakan dalam minyak castor terdapat berbagai khasiat positif untuk kesehatan. Terutama untuk kesehatan kulit dan rambut. Tak heran jika minyak yang satu ini banyak diburu oleh para pecinta essential oils.


Jika Anda memiliki masalah pada kesehatan kulit dan rambut, hendaknya terlebih dahulu menggunakan metode pengobatan alami seperti menggunakan minyak jarak. Langkah ini lebih efektif daripada mengutamakan treatment dengan bahan kimia.


Namun sebelum Anda membeli minyak castor di toko jual castor oil, hendaknya Anda mengetahui berbagai informasi berikut. Kami akan membahas dengan terperinci perihal minyak castor dan manfaatnya. Yuk, langsung baca ulasannya.


Perihal Tumbuhan Jarak : Cantik Dan Serbaguna



Orang Indonesia yang tinggal di dekat daerah hutan pasti sangat mengenal tumbuhan jarak yang termasuk tumbuhan lis tersebut. Jenis tanaman ini memang tergolong tanaman perdu, namun sering juga dibudidayakan untuk diambil beberapa bagian tanamannya.


Daunnya sekilas mirip daun pepaya, dengan ukuran lebih kecil dengan diameter hingga 40 cm. Panjang jadi daunnya maksimal 10 cm, dengan warna hijau tua pada bagian atas dan hijau muda di baliknya. Tanaman jarak memiliki nama latin Ricinus communis.


Tanaman jarak jika dilihat dari daunnya memang biasa saja, akan tetapi jika tanaman ini berbuah maka akan terlihat sangat menawan. Ciptaan Tuhan yang satu ini memiliki bentuk buah yang tumbuh menggerombol pada satu tandan.


Buah yang tumbuh pada bagian dekat pangkal biasanya berukuran lebih besar daripada yang tumbuh pada bagian ujung tandan. Buahnya berwarna hijau ketika masih mentah, dan kuning ketika sudah siap dipanen.


Di dalam buah tersebut, terdapat biji jarak yang biasanya dimanfaatkan sebagai minyak esensial. Namun begitu, bukan berarti bagian tanaman lainnya tidak bisa digunakan. Tanaman jarak selain cantik justru serbaguna.


Bagian daun, akar, hingga bijinya memiliki banyak sekali kegunaan untuk kehidupan manusia. Namun pada artikel kali ini kami hanya akan membahas tentang bijinya saja, yang merupakan bahan baku pembuatan minyak esensial.


Kandungan Dan Pemanfaatan Biji Jarak



Biji jarak berbentuk lonjong dengan corak yang sangat unik, dan merupakan bagian yang paling banyak dimanfaatkan oleh produsen minyak castor. Jadi, castor oil adalah minyak esensial yang terbuat dari biji jarak. Di dalam bijinya, jarak menyimpan berbagai senyawa yang sangat berharga.


Contohnya saja asam risinoleat, salah satu asam lemak hidroksi yang sangat berguna untuk industri pelumas kendaraan. Sifat dari asam risinoleat adalah sangat tahan panas, sehingga bisa membuat produk industri menjadi awet.


Tak hanya digunakan sebagai pelumas, minyak jarak tak jarang digunakan sebagai bahan komplemen pada industri militer, kosmetik, tekstil, hingga farmasi. Minyak jarak ini pun tak jarang juga dipakai sebagai bahan bakar roket.


Tentunya minyak jarak masuk dalam daftar komoditas dalam negeri yang memiliki prospek bisnis luar biasa. Akan tetapi, produksi dalam negeri minyak jarak ini kurang mencukupi untuk menutup jumlah kebutuhan akan minyak tersebut.


Di bidang kesehatan, biji jarak sering digunakan untuk membuat suatu minyak dengan aroma khas yang bisa dipakai sebagai terapi. Penggunaan minyak jarak atau castor oil nantinya dilakukan dengan cara penggunaan luar.


Manfaat Penggunaan Minyak Castor Untuk Kehidupan




Anda sudah mengetahui berbagai hal mengenai tanaman jarak khususnya bagian bijinya yang sering dijadikan minyak. Minyak jarak atau castor oil tidak dibuat tanpa alasan. Ada berbagai manfaat castor oil untuk kesehatan kulit dan rambut :


1. Minyak castor bisa menutup dan memperkecil pori-pori


Kulit yang berpori besar berpotensi untuk mengalami jerawat serta bruntusan daripada kulit yang memiliki pori kecil. Minyak yang terbuat dari biji jarak ini ternyata diketahui mampu mengecilkan pori-pori yang dimiliki kulit.


Anda bisa mengecilkan pori-pori kulit dengan cara mengoleskan minyak jarak disertai dengan minyak pembawa atau carrier oil langsung ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Ulangi kegiatan ini sekitar sekali hingga dua kali setiap hari.


Kulit yang sering diolesi dengan minyak jarak nantinya akan memiliki pori yang lebih kecil. Hendaknya Anda tidak menggunakan minyak ini secara berlebihan karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.


2. Mengurangi produksi sebum


Kulit wajah yang berminyak pasti menimbulkan kekhawatiran sendiri terutama bagi para wanita. Minyak wajah atau sebum yang diproduksi berlebihan bisa membuat kulit terkena jerawat dan membuat make up luntur.


Tak hanya itu, walaupun kulit berminyak membuat wajah agak glowing, namun kesan bercahaya yang ditimbulkan justru kusam. Anda pasti tak ingin wajah terlihat kusam dan jelek, bukan?


Nah, Anda bisa menggunakan sarana terapi minyak jarak untuk mengurangi produksi minyak alami pada wajah. Dengan penggunaan rutin setiap hari, sebum bisa direduksi dan kulit terbebas dari jerawat.


3. Meratakan warna kulit


Semua manusia berpotensi mengalami warna kulit yang tidak merata, bahkan potensi tersebut bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti sinar matahari, bekas luka, bekas jerawat, dan lainnya.


Anda bisa menggunakan minyak castor atau minyak biji jarak untuk memulihkan warna kulit yang tidak merata ini. Kandungan asam lemak pada jarak diketahui bisa membantu menghidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan memiliki kemampuan regenerasi sel kulit yang baik pula.


Anda tinggal mengoleskan minyak biji jarak pada kulit yang memiliki warna tidak merata sambil dipijat pelan. Lakukan treatment ini sebanyak 10 menit sehari setiap hari. Dengan begitu, area kulit yang warnanya tidak merata akan perlahan mengalami pergantian sel.


4. Sebagai sarana anti aging


Penuaan pasti akan dirasakan oleh setiap orang, terutama wanita sekalipun. Namun apa jadinya jika Anda mengalami penuaan dini? Rasanya pasti menyesal dan tidak puas, dan bahkan sebagian orang melakukan prosedur yang berbahaya untuk mengembalikan kondisi kulit.


Inilah mengapa penting bagi Anda menjaga keremajaan kulit dengan cara menggunakan asupan minyak castor setiap hari. Selain karena harga castor oil di apotik tidak seberapa, sebenarnya minyak ini lebih alami. Dengan tanpa bahan kimia, kulit bisa lebih awet keremajaannya.


Anda tinggi mengoleskan minyak yang satu ini ke seluruh bagian wajah dan memijatnya ke arah atas agar otot ikut terangkat. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga minyak terserap ke dalam kulit. Sebaiknya lakukan treatment ini mulai umur 20-an agar kulit Anda tidak mengalami penuaan dini.


5. Mencegah kerontokan rambut


Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang selalu bertumbuh dan bisa saja menua. Dalam proses penuaan rambut tersebut, ada banyak peluang rambut rontok. Walaupun rambut rontok juga pertanda rambut yang sedang mengalami kerusakan (bukan tanda penuaan).


Minyak jarak yang mengandung senyawa asam risinoleat memiliki kelebihan mampu melancarkan sirkulasi darah, yang menuju bagian rambut sekalipun. Jika Anda rajin menggunakan minyak ini dengan cara dioleskan pada bagian rambut, maka minyak jarak membantu mencegah kerontokan.


Minyak ini akan menembus kulit rambut serta membuat folikel rambut menguat. Tak hanya tidak mudah rontok, rambut pun akan menguat dan pulih kembali dari kerusakan. Kami menyarankan penggunaan minyak castor untuk Anda yang mengalami kerontokan rambut parah sebelum diberi treatment bahan kimia.


6. Memulihkan kondisi rambut kering dan bercabang


Rambut yang sering dibawa ke salon untuk diberi sentuhan hairdo memiliki kemungkinan besar untuk kering dan bercabang. Walaupun rambut sudah diberi asupan gizi setelah dipercantik, namun rambut yang sudah tidak alami rentan kering dan bercabang.


Anda tidak perlu berkecil hati karena kondisi rambut kering dan bercabang bisa dipulihkan dengan menggunakan minyak castor. Ya, minyak yang terbuat dari biji jarak tersebut merupakan minyak yang bisa menghidrasi rambut dan bertindak seperti conditioner.


Anda bisa menggunakan minyak jarak dengan cara mengoleskannya pada rambut setelah selesai keramas seperti conditioner biasanya. Setelah itu biarkan minyak meresap ke rambut tanpa perlu dibilas. Penggunaan rutin minyak ini akan dapat membuat rambut menjadi lebih sehat tanpa bercabang dan terlihat kering.


7. Menghidrasi kulit bibir


Kulit bibir termasuk bagian yang paling tipis pada tubuh kita, dan merupakan bagian yang sering pecah-pecah. Seseorang yang tidak dengan rutin menjaga kulit bibirnya pasti akan mengalami bibir kering serta retak. Jangan ditanya lagi rasanya, karena bibir yang telah pecah-pecah rasanya akan sangat menyakitkan.


Inilah pentingnya menghidrasi kulit bibir secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur agar kulit bibir mampu meregenerasi sel dengan baik. Namun kami sarankan jika Anda menggunakan minyak jarak dicampur dengan minyak lain untuk menghidrasi bibir.


Contohnya minyak zaitun atau minyak sunflower, yang bisa membantu mempercantik dan melembabkan bibir. Dengan mencampur kedua jenis minyak tersebut dengan minyak biji jarak, maka Anda bisa mendapatkan manfaat minyak castor dengan lebih baik.


8. Menghilangkan mata panda


Kulit di area mata adalah salah satu bagian yang sangat mudah mengalami pigmentasi atau penggelapan warna. Kondisi yang satu ini disebut dengan kantung mata atau mata panda, dan biasanya dialami oleh para wanita. Penyebab dari kantung mata atau mata panda adalah kurangnya waktu tidur yang dimiliki seseorang.


Adanya mata panda memang memperburuk tampilan seseorang karena membuat wajah terlihat sayu dan lelah. Nah, untuk menghindari pembentukan mata panda sejak dini, Anda bisa menggunakan minyak castor. Minyak yang satu ini bisa melancarkan peredaran darah yang menuju ke mata.


Sehingga kulit pada area mata memiliki aliran darah yang lancar dan tidak mudah mengalami mata panda. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih mudah mendapatkan look wajah yang awet muda dan terkesan tidak mengalami perubahan dari tahun ke tahun.


Itulah kedelapan manfaat dari castor oil atau minyak jarak yang perlu Anda ketahui. Anda bisa dengan mudah mendapatkan minyak ini di orang jual castor oil secara online maupun di apotik terdekat. Jangan khawatir masalah harga, karena minyak ini memiliki harga yang sepadan dengan khasiatnya.


Dari ulasan kami mengenai castor oil di atas, tentunya Anda sudah paham secara detail apa yang dimaksud tanaman jarak dan pemanfaatannya sebagai minyak esensial. Anda juga telah mengetahui berbagai manfaat dari minyak castor untuk kesehatan kulit dan rambut. Jadi, yuk gunakan minyak atsiri castor sekarang juga!