Blog

7 Aroma Diffuser Terbaik, Berikut Rekomendasinya
...

Padatnya aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan sulit tidur dan merusak mood. Supaya lebih rileks, Anda bisa menggunakan essential oil diffuser untuk menghirup aromanya. Sebab, alat ini akan mengeluarkan aroma minyak esensial yang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Minyak esensial juga dipercaya dapat menghilangkan stress. Dengan adanya diffuser, Anda bisa melakukan relaksasi di rumah. Penggunaan aroma diffuser pun juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Saat ini, sudah banyak aroma diffuser yang bisa Anda pilih. Namun, setiap diffuser memiliki jenis, fitur, dan fungsi yang berbeda. Sebelum membelinya, berikut ini adalah rekomendasi tujuh aroma diffuser essential oil terbaik:

Aroma Diffuser Terbaik

Berikut ini merupakan 7 Aroma Diffuser Terbaik, yaitu :


1.Stadler Form Mia

Stadler Form Mia termasuk ke dalam tipe ultrasonic diffuser dengan desain elegan dan modern. Diffuser ini juga dapat mempercantik ruangan Anda, karena desainnya yang bergaya ala Swiss. Diffuser buatan Stadler bisa menghasilkan uap minyak esensial yang tahan hingga 10 jam. Selain itu, suaranya tidak bising dan dilengkapi LED. Anda bisa menaruh diffuser ini di kamar tidur, meja kerja, dan kamar anak. Harganya dibanderol sekitar Rp800.000.


2.Nicole’s Natural Nebulizer

Nebulizer diffuser ini berfungsi untuk melancarkan saluran pernapasan. Desainnya pun cukup elegan, kemudian bisa dijadikan sebagai penghias ruangan. Nicole’s Natural Nebulizer dijual dengan harga sekitar Rp250.000.


3.Xiaomi Viomi Aromatherapy

Produk diffuser buatan Xiaomi ini memiliki desain klasik dan kaki non-slip untuk stabilitas di berbagai permukaan. Xiaomi Viomi Aromatherapy memiliki kapasitas yang cukup besar, lalu dapat bertahan hingga berjam-jam. Diffuser ini mampu menyebarkan uap minyak esensial secara maksimal dan dilengkapi dengan lampu malam hari. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp550.000 hingga Rp950.000.


4.Artnaturals Aromatherapy

Aroma diffuser Artnaturals dirancang dengan desain kayu dan LED yang dapat berganti warna. Desainnya juga cocok untuk berbagai gaya interior di ruangan Anda. Diffuser ini akan terlihat lebih elegan jika Anda menaruhnya di meja kerja. Cara menggunakan diffuser essential oil ini cukup mudah, Anda hanya perlu menekan beberapa tombol untuk mengatur waktu dan LED-nya. Bagi Anda yang mengutamakan desain dan fungsinya, maka bisa memilih produk ini. Artnaturals Aromatherapy dijual sekitar Rp750.000.


5.InnoGear Aromatherapy Diffuser

Salah satu best essential oil diffuser di situs Amazon ini sudah terkenal di seluruh dunia. Kualitas produknya pun juga tak perlu diragukan lagi, kemudian harganya cukup terjangkau. Alat ini bekerja dengan cara ultrasonik yang memproduksi gelombang 1,7 juta per detiknya. Nantinya, diffuser tersebut akan menyebarkan uap dingin melalui sistem nebulisasi yang sangat aman dihirup oleh anak-anak. Bentuknya sendiri cukup minimalis dan dilengkapi dengan fitur auto shut off. Jika airnya tinggal sedikit, maka diffuser ini akan mati secara otomatis. Suaranya cukup lembut dan tidak bising, sehingga tidak membuat kualitas tidur Anda terganggu. Harga InnoGear Aromatherapy adalah Rp400.000 hingga Rp750.000.


6.Ellia Gather Ultrasonic

Jika Anda sedang mencari essential oil diffuser yang bagus, tentunya bisa memilih Ellia Gather Ultrasonic. Aroma diffuser ini dapat menghasilkan uap aromaterapi yang membuat Anda lebih rileks dan tidur nyenyak. Selain itu, Ellia Gather Ultrasonic juga menyuguhkan alunan melodi selama alatnya menyala. Produk diffuser ini dijual dengan harga sekitar Rp1.700.000.


7.Asakuki Smart Diffuser

Asakuki Smart Wi-Fi Diffuser memiliki ukuran tangki yang cukup besar dan dilengkapi dengan asisten smart virtual. Hal itu membuat penggunaannya lebih praktis. Selain itu, aroma diffuser ini bisa menyebarkan uap minyak esensial di ruangan yang luas, salah satunya adalah ruang tamu. Harganya sendiri terbilang cukup mahal, namun fitur dan kualitasnya sangat bagus. Harga jual diffuser essential oil Asakuki adalah sekitar Rp1.200.000 hingga Rp2.000.000.


Tips Memilih Essential Oil Diffuser Terbaik


Bagi Anda yang sedang mencari aroma diffuser, maka harus mengetahui beberapa tips memilihnya. Sebelum membeli aroma diffuser, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:


1.Perawatan Produk yang Mudah

Jenis aroma diffuser yang membutuhkan perawatan ekstra adalah ultrasonic. Sebab, diffuser tersebut dapat ditumbuhi jamur yang mempengaruhi kualitas aroma minyak esensialnya. Jika Anda memilih ultrasonic diffuser, maka harus mengganti airnya secara rutin setelah pemakaian. Anda bisa membersihkannya dengan cara dikeringkan minimal satu bulan sekali. Jika tidak ingin membersihkannya secara rutin, Anda bisa memilih tipe diffuser yang tidak menggunakan air. Selain ultrasonic diffuser, jenis lainnya tidak membutuhkan perawatan ekstra. Namun, setiap produk memiliki perawatan yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memastikannya sebelum dibeli. Saat ada sisa minyak di aroma diffuser, bersihkan saja dengan kapas yang dibasahi etanol. Anda bisa menemukan etanol di berbagai apotek terdekat. Hal yang perlu Anda ketahui adalah aroma diffuser tidak dapat dibersihkan dengan sabun biasa.


2.Perhatikan Metode Penyebaran Aroma

Sudah banyak aroma diffuser yang memiliki metode penyebaran aroma berbeda. Bagaimana pun metodenya, setiap produk diffuser memiliki keunggulan dan kekurangan. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan kebutuhan.


3.Tentukan Desainnya

Kegunaan utama dari diffuser adalah aromanya yang dihasilkan. Tentunya, Anda juga ingin memiliki desain produk diffuser yang elegan dan modern. Terdapat berbagai desain aroma diffuser yang bisa dipilih saat ini, mulai dari natural, stylish, minimalis, dan dilengkapi LED.


4.Fitur dan Teknologi yang Digunakan

Tidak hanya menghasilkan aroma, namun aroma diffuser juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi mumpuni. Sebelum membelinya, Anda harus memperhatikan fitur dan teknologinya. Saat ini, sudah ada produk diffuser yang dilengkapi dengan fitur timer. Fitur tersebut bisa menyala pada waktu tertentu. Selain itu, penggunaannya jadi lebih hemat karena adanya fitur timer. Meski terdengar sepele, tetapi fitur musik menjadi nilai tambahan untuk melengkapi momen relaksasi. Terdapat produk diffuser yang bisa disambungkan ke perangkat musik. Meski harganya lebih mahal, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan kehadiran fitur tersebut.


Jenis-jenis Diffuser yang Ada di Pasaran

Ada berbagai jenis aroma diffuser bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut ini jenis-jenisnya:


1.Ultrasonic Diffuser

Diffuser yang satu ini bekerja dengan cara memanfaatkan gelombang listrik untuk menguapkan minyak esensial ke dalam tangki. Ultrasonic diffuser diklaim lebih hemat, karena tetap bekerja meskipun minyak esensialnya sedikit. Selain itu, ultrasonic diffuser memiliki sistem otomatis yang berfungsi untuk mematikan alatnya agar minyak esensial yang tersebar lebih terkontrol.


2.Reed Diffuser

Diffuser ini menggunakan stik rotan berukuran kecil yang berfungsi untuk menyebarkan aroma minyak esensial ke seluruh sudut ruangan. Reed diffuser digunakan oleh banyak orang, karena lebih praktis dan tidak membutuhkan api, air, dan listrik. Reed diffuser sangat cocok digunakan di meja kerja dan kamar tidur. Jika ingin lebih tahan lama, Anda bisa menggunakan minyak esensial yang ringan, seperti bergamot dan grapefruit.


3.Nebulizer Diffuser

Jenis diffuser ini dapat memecahkan molekul menjadi lebih kecil, kemudian bisa bertahan di udara selama beberapa jam. Namun, nebulizer diffuser tidak cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan, karena suaranya cukup bising.


4.Keramik Diffuser

Diffuser keramik sering ditemukan di tempat spa atau souvenir pernikahan. Alat ini memiliki cawan (cangkir) yang digunakan untuk menaruh minyak esensial. Setelah itu, minyak esensial akan menyebarkan aroma ke udara saat lilin di bagian bawah menyala.


5.Diffuser Car dan Hair

Selain jenis aroma diffuser di atas, terdapat diffuser car dan diffuser hair. Biasanya, diffuser car bekerja dengan sistem elektrik berukuran kecil agar menghasilkan aroma di dalam mobil. Sedangkan untuk diffuser hair, bisa menata rambut Anda agar bergelombang dan keriting.


Manfaat Menggunakan Aroma Diffuser




Tidak hanya menghasilkan aromaterapi saja, namun diffuser juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, efeknya bisa dirasakan saat Anda menghirup aromanya melalui udara. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang harus diketahui:


1.Menjaga Daya Tahan Tubuh

Minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang berfungsi untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Umumnya, minyak esensial yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah peppermint, lemon, dan tea tree.


2.Mengatasi Flu dan Pilek

Sebenarnya, ada aroma diffuser yang dapat mengatasi flu dan pilek, salah satunya adalah Eucalyptus. Kandungan yang satu ini dapat menghambat bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh Anda akan terlindungi.


3.Memperbaiki Kualitas Tidur


Minyak esensial juga dapat meningkatkan aktivitas Neurotransmitter (senyawa kimiawi) pada otak dan melepaskan hormon Serotonin dan Dopamin yang membuat waktu tidur menjadi lebih lama. Anda bisa meletakkan diffuser di kamar agar dapat beristirahat dan tidur nyenyak. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah clary sage, lavender, dan chamomile.


4.Mengurangi Stress

Aroma yang dihasilkan dari diffuser dapat membantu mengurangi stress. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah rose vanilla dan peppermint.

Meski begitu, minyak esensial di dalam diffuser juga dapat membahayakan kesehatan tubuh, seperti iritasi kulit dan alergi. Hal tersebut bisa dicegah dengan menggunakan produk diffuser dan minyak esensial yang berkualitas.


5.Melancarkan Saluran Pernapasan

Menghirup aroma minyak esensial dapat melancarkan saluran pernapasan, mencegah flu dan batuk, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah tea tree, eucalyptus, dan lemon.


6.Mengatur Nafsu Makan

Jika Anda sedang mengendalikan nafsu makan berlebih, maka dapat menggunakan diffuser. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah peppermint, karena terbukti mengatur nafsu makan dengan cara memicu rasa kenyang pada tubuh. Selain itu, minyak esensial peppermint juga dipercaya mampu meningkatkan stamina. Jadi, Anda tetap energik meski sedang mengurangi porsi makan.


7.Meredakan Rasa Sakit

Jika Anda mengoleskan minyak esensial di tubuh, maka dapat meredakan rasa sakit. Minyak esensial pun sudah terbukti untuk mengatasi atau mengurangi rasa sakit yang sedang dialami.


8.Ruangan Terbebas dari Bakteri

Saat ini, jumlah bakteri dan virus cukup banyak hinggap di udara. Hal itu tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Solusinya adalah menaruh minyak esensial di ruangan, kemudian terbebas dari bakteri atau virus. Sebab, minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Nantinya, minyak esensial akan disebarkan oleh diffuser, lalu senyawa organik yang terkandung bersentuhan langsung dengan patogen di udara. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terserang oleh penyakit. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah oregano, tea tree, dan lemon.


9.Memperbaiki Mood

Minyak esensial juga berfungsi untuk memperbaiki mood dan mencegah depresi. Jadi, Anda bisa beraktivitas di rumah dengan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makan malam romantis dengan menyalakan diffuser. Umumnya, minyak esensial yang digunakan adalah sweet orange, vanilla, rose, jasmine, dan scotch pine. Setelah mengetahui rekomendasi tujuh essential oil diffuser, maka Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak esensial. Jika mendesak, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Baca juga : 8 Rekomendasi Essential Oil Diffuser Terbaik