Blog

Daftar Skincare Dengan Kandungan Rose Water Yang Bisa Merawat Kulit Sensitif
...

Banyak pemicu yang menyebabkan kulit Anda menjadi sensitif seperti faktor genetik, polusi lingkungan, menggunakan skincare yang tidak sesuai, dan lain-lain. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena rosewater dapat mengatasinya. Ingin tahu pilihan produk air mawar yang tepat untuk kulit sensitif Anda? Simak informasinya berikut ini!


Tanda-Tanda Kulit Sensitif

Anda dapat dikatakan mempunyai kulit yang peka atau sensitif jika memperlihatkan gejala-gejala berikut ini:

  1. Sering mengalami ruam kemerahan
  2. Kulit kerap terasa gatal-gatal
  3. Mudah terasa panas serta terbakar, misalnya saat terpapar sinar matahari
  4. Biasanya permukaan kulit terasa kering
  5. Pori-pori kulit sangat halus dan hampir tidak tampak
  6. Saat diraba terasa kasar
  7. Jika ditarik kulit akan memperlihatkan garis-garis kerutan yang jelas dan ini tidak ada hubungannya dengan usia




Untuk memastikan apakah jenis kulit Anda sensitive atau tidak, coba lakukan tes sederhana. Caranya, gores permukaan kulit dengan lembut dan perhatikan apakah debu putih gampang keluar. Debu tersebut adalah terlepasnya lapisan kulit pada bagian paling atas. Jika jawabannya adalah ya, hampir pasti kulit Anda memang sensitif. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyebab kulit sensitif sangat bervariasi. Selain faktor keturunan dan kesalahan dalam merawat kulit, paparan intens sinar matahari juga bisa menjadi pemicu.


Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan menghentikan kebiasaan menjadi petualang skincare. Pastikan tidak terlalu sering berganti-ganti brand produk skincare atau tata rias. Pelajari dengan teliti komposisi bahan dalam produk sebelum mengaplikasikannya. Dengan begitu Anda dapat meminimalkan resiko mengalami reaksi alergi yang dapat mengganggu penampilan. Salah satu produk perawatan wajah yang direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah rose water alias ekstrak air mawar. Inilah daftar produk terbaik yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih.


Daftar Produk Rose Water Terbaik Untuk Kulit Sensitif dan Kering


Mengapa harus rose water? Alasannya karena bahan alami dengan 1001 manfaat ini mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Ini misalnya sifat antiseptic serta antibakterinya yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan ruam. Air mawar juga membawa sifat anti inflammatory yang dapat meredakan radang dan pembengkakan. Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, rose water kaya akan antioksidan serta berbagai vitamin seperti A, C, dan E yang dapat melawan efek buruk radikal bebas. Beberapa produk anti aging juga mencampurkan ekstrak air mawar ini dalam formulanya untuk melawan tanda-tanda penuaan. Nah, inilah daftar produk rosewater untuk kulit sensitif yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda.


Mamonde Rose Water Gel Cream

Produk berbentuk gel cream ini adalah pelembab yang cepat meresap pada kulit tanpa menimbulkan sensasi lengket dan tidak nyaman. Kandungan air mawarnya mencapai 68,7% yang diperoleh dari olahan bunga mawar damaskus yang kualitasnya terbaik. Manfaat produk ini adalah dapat mengunci kelembaban kulit, menyegarkan, sekaligus menenangkan kulit yang teriritasi. Produk ini juga cocok diaplikasikan untuk Anda yang mengalami masalah jerawat.


Mario Badescu Facial Spray

Rose water spray besutan Mario Badescu ini terbilang mendapatkan sambutan yang baik dari pecinta produk air mawar. Kandungan bahan-bahan utamanya selain rose water adalah rempah-rempah herbal berkhasiat serta aloe vera. Anda bisa menggunakannya sebagai face mist saat wajah membutuhkan kesegaran. Alternative lainnya adalah menyemprotkan sedikit air mawar ke foundation untuk mendapatkan wajah yang mulus dengan hasil make up dewy.


Nacific Real Rose Floral Toner

Produk Nacific asal Korea ini mulai memiliki basis penggemar setia di Tanah Air, salah satunya adalah rosewater toner. Nacific Real Rose Floral Toner mempersembahkan kandungan air mawar hingga 92% pada produknya yang cocok untuk menangani jerawat pada kulit sensitif. Aplikasikan secara teratur untuk mendapatkan kulit yang mulus bebas bekas jerawat. Produk ini juga membuat kulit wajah Anda terasa lembab dan segar sepanjang hari.


Herbivore Rose Hibiscus Coconut Water Hydrating Face Mist

Walaupun memberikan manfaat yang luar biasa, sayangnya produk ini dibandrol lumayan mahal, yaitu sekitar Rp650.000,00. Namun tidak perlu khawatir karena khasiat face mist rosewater ini sangat sepadan dengan harga yang Anda bayarkan. Sesuai namanya, selain ekstrak bunga mawar, produk dari Herbivore ini juga dilengkapi air kelapa yang dapat membuat wajah menjadi glowing. Air kelapa juga dikenal ampuh untuk menghidrasi kulit yang kering. Selain itu ada ekstrak witch hazel yang dapat meringkas pori-pori, serta aloe vera untuk menyegarkan kulit. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan tampilan wajah yang cerah dan bebas kusam walaupun harus beraktivitas di luar seharian.


Bali Alus Natural Essence Spray Wajah

Produk lokal tidak kalah dengan produk internasional, lagi pula dengan harga yang terjangkau Anda bisa mendapatkan khasiat yang hampir sama. Salah satu brand yang bisa Anda pertimbangkan adalah Bali Alus yang mencampurkan sari daun sirih ke dalam produk rose water-nya. Anda cukup merogoh kocek Rp30.000,00 saja untuk membawa pulang produk air mawar ini.


Daisy Organic Premium Rose Water

Rosewater Daisy cocok untuk Anda yang memburu produk-produk skincare organic dengan bahan baku dari tumbuhan berkualitas. Cara memanfaatkan produk ini sangat bervariasi, Anda bisa menggunakannya secara face mist, toner, atau campuran masker. Menambahkan air mawar ke dalam masker buatan sendiri akan membuat khasiat bahan-bahan masker lebih optimal pada kulit. Harga produk ini juga sangat bersahabat, yaitu Rp35.000,00 saja per botolnya. Gunakan secara teratur dan Anda akan mendapatkan wajah yang terasa segar, mulus, dan cerah bebas kusam.


Everpure 100% Organic Rose Water Face Mist

Satu lagi produk rose water organic yang direkomendasikan untuk Anda, yaitu Everpure Rose Water Face Mist. Tidak hanya dapat mengusir ruam dan gejala tidak nyaman akibat iritasi kulit, produk ini juga dalam melembutkan tekstur kulit Anda. Manfaat lain dari ekstrak air mawar ini adalah dapat menyeimbangkan pH kulit, sebagai produk anti penuaan (anti aging), serta dapat meringkas pori-pori. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup semprot secukupnya pada wajah untuk menyegarkan dan melembabkan kulit seketika. Ini karena partikel-partikel halus air mawar lebih cepat meresap pada kulit.


Darjeeling Rosewater

Bukan sembarang rosewater, Darjeeling hanya menggunakan bahan baku bunga mawar terbaik untuk menghasilkan ekstrak air mawar berkualitas. Sejak dulu bunga mawar Damaskus di kawasan Kannauj, India adalah penghasil bunga mawar varietas unggul yang terkenal di seluruh dunia. Inilah juga alasannya kota tersebut dijuluki sebagai kota parfum. Anda dapat menggunakan ekstrak mawar ini sebagai toner, campuran masker bubuk, atau untuk mengatasi stres pada kulit. Siapa sangka dibalik khasiatnya yang luar biasa produk rosewater ini harganya sangat terjangkau, yaitu Rp39.000,00 saja.


Fresh Rose Deep Hydration Facial Toner

Inilah produk yang paling tepat untuk pemilik jenis kulit sangat kering. Kulit bertipe demikian ini memang memerlukan trik tersendiri untuk merawatnya termasuk saat mengaplikasikan make up agar tidak pecah. Untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan segar, aplikasikan rose water ini sebagai toner. Produk ini juga cocok untuk merawat kulit yang berjerawat, kasar, dan sensitif. Yang lebih menarik lagi, ekstrak air mawar dari Fresh ini juga mempunyai fungsi pembersih serta make up remover. Aplikasikan produk untuk menghilangkan sisa riasan wajah, debu, dan kotoran dari kulit. Produk rose water ini juga dapat mengatasi efek negatif polusi lingkungan bagi kulit.


Pixi Rose Cream Cleanser

Jika produk rose water umumnya tampil dalam bentuk toner atau spray, Pixi justru merilisnya sebagai cleanser alias pembersih wajah. Campuran air mawar pada produk ini dapat membersihkan wajah Anda dengan tuntas tanpa mengeringkan dan membuatnya teriritasi. Selain itu ada pula tambahan sari buah alpukat yang berkhasiat untuk mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat serta menjaga kelembaban kulit. Berikutnya ada kandungan aloe vera serta ekstrak bunga chamomile untuk merawat kulit sensitif.


Darjeeling Organic Bulgarian Rosewater

Produk yang satu ini berbahan baku bunga mawar Damaskus yang dibudidayakan di perkebunan kawasan Kazanlak, Bulgaria. Mawar Damaskus sejak dahulu dikenal sebagai varietas bunga mawar paling unggul yang cocok sebagai bahan baku pembuatan parfum dan produk skincare. Produk dari Darjeeling ini juga mengandung minyak mawar sebesar 0,35% untuk meningkatkan khasiatnya bagi kulit Anda. Lakukan pemesanan pada situs resmi Darjeeling untuk mendapatkan produk yang eksklusif tetapi harganya terjangkau ini.


Tips Memanfaatkan Rose Water

Anda tentu sudah akrab dengan cara menggunakan rose water secara disemprotkan atau diaplikasikan dengan kapas. Nah, berikut ini adalah beberapa alternatif lainnya untuk menggunakan ekstrak air mawar ini untuk mendapatkan hasil yang sebagaimana yang dikehendaki.


Toner pack

Toner pack sangat praktis dibawa kemanapun dan dapat langsung digunakan kapan saja Anda menginginkannya. Caranya sangat mudah. Siapkan dua lembar kapas steril atau kapas wajah dan tuangkan cairan rose water hingga seluruh kapas basah. Berikutnya aplikasikan kapas basah tersebut pada beberapa bagian wajah, yaitu bawah mata, kening, dan dagu secara bergiliran. Diamkan beberapa saat dan angkat kapas dari wajah Anda. Hasilnya kulit akan menjadi rileks, fresh, dan cerah. Anda pun siap melanjutkan aktivitas lainnya dengan segar.


Diaplikasikan 7 kali

Metode ini sangat pas sebagai pertolongan pertama untuk kulit yang sangat kering dan teriritasi. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua produk air mawar mempunyai manfaat rosewater yang satu ini. Anda perlu memilih produk yang memang mempunyai sifat menghidrasi. Caranya, tuangkan atau semprotkan air mawar pada kapas lalu aplikasikan pada wajah yang bersih. Tunggu beberapa saat dan lakukan metode yang sama hingga tujuh kali. Jangan lupa untuk menunggu hingga rose water benar-benar terserap sebelum memberikan lapisan selanjutnya. Setelah selesai mencoba trik perawatan wajah yang unik ini, kulit wajah Anda akan terasa begitu lembab dan segar.


Membersihkan wajah di pagi hari

Karena kekurangan asupan air semalaman, tidak jarang kita akan bangun pagi dengan kondisi kulit wajah yang kering. Untuk mengatasinya, bersihkan wajah dengan air mawar yang sekaligus dapat menghidrasi kulit Anda sebelum mengaplikasikan make up.


Sebagai setting spray

Tidak perlu panik kalau kehabisan setting spray karena Anda dapat menggantikannya dengan face mist atau toner air mawar. Hasilnya make up Anda akan bertahan lama sekaligus wajah tetap terjaga kelembabannya. Ini karena air mawar mempunyai kandungan vitamin yang dapat melembabkan serta memberi asupan nutrisi untuk mengatasi wajah kusam dan kering.

Nah, demikianlah daftar produk rosewater terbaik untuk merawat kulit yang sensitif. Jangan sampai terlewatkan pada ritual perawatan kulit Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat!


Baca Juga : Begini, Cara Membuat Rose Water Face Mist Yang Benar