Blog

10 Hydrosol Terbaik Untuk Kulit
...

10 Hydrosol Terbaik Untuk Kulit


Beberapa waktu belakangan ini air mawar alias Rose water semakin naik daun sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah. Ini karena sari bunga mawar tersebut diketahui mempunyai kandungan antioksidan tinggi, ditambah lagi berbagai kandungan vitamin, mulai dari A, B3, C, dan E. Konon air mawar juga menjadi salah satu rahasia perawatan wajah Ratu Cleopatra, salah satu wanita paling cantik di dunia.

Selain air mawar sesungguhnya masih banyak produk hydrosol yang diolah dengan menyuling tumbuhan atau bunga-bungaan yang mengandung khasiat perawatan kulit. Anda tertarik untuk mencoba? Simak dulu informasinya berikut ini.


Mengenal Produk Skincare Hydrosol


Hydrosol mempunyai kaitan yang erat dengan bahan essential oil atau minyak atsiri. Minyak esensial diolah dengan proses steam distilled atau penyulingan tumbuh-tumbuhan yang mempunyai khasiat obat atau perawatan kulit. Hasil penyulingan tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu essential oil dan hydrosol.

Essential oil adalah ekstrak tumbuhan hasil penyulingan yang terlarut dalam minyak, sementara hydrosol terlarut dalam air. Jadi kandungan hydrosol adalah seluruh unsur kimia tumbuhan yang disuling dan dapat larut dalam air.


Kandungan hydrosol lebih ringan dibandingkan essential oil tumbuhan, serta tampilannya juga lebih cair. Meskipun demikian produk ini masih membawa manfaat terapeutik dari tumbuhan yang disuling. Hydrosol sering juga disebut dengan floral water walaupun tidak terlalu tepat. Ini karena hydrosol tidak hanya dihasilkan oleh penyulingan dari bunga, tetapi bagian tumbuhan yang lain.


Kadang hydrosol juga disebut dengan aromatic water karena memang larutan ini mengeluarkan aroma sebagaimana tumbuhan asalnya. Menariknya, aroma hydrosol bisa saja sama atau bisa juga berbeda dengan hasil penyulingan berupa essential oil. Anda bisa bereksperimen dengan mencampurkan beberapa larutan hydrosol favorit untuk mendapatkan aroma sesuai selera. Aromatic water ini dapat dicampurkan dengan lotion untuk merawat kulit.


Rekomendasi Hydrosol Terbaik Untuk Merawat Kecantikan Kulit



Inilah 10 jenis hydrosol yang memiliki kandungan terbaik untuk merawat kulit cantik Anda. Simak daftarnya!


1.Rosewater


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, air mawar banyak dipilih untuk merawat kulit karena mempunyai kandungan nutrisi yang cukup kaya. Tidak hanya sebagai sumber vitamin, pH air mawar juga ramah untuk berbagai jenis kulit, yaitu mencapai 4 sampai 4,5. Air mawar sangat ideal untuk menenangkan kulit yang meradang dan berjerawat.


Produk air mawar terbaik biasanya dihasilkan dari perkebunan mawar Damaskus yang ditanam di kawasan Kannauj, India. Dari generasi ke generasi sari mawar ini telah dicampurkan dalam berbagai produk parfum, lotion, shampoo, dan toner. Untuk Anda yang menghendaki produk sari mawar premium, Bulgarian Rosewater adalah jawabannya. Air mawar ini diolah dari bunga-bunga yang dipanen di lembah mawar di kawasan Bulgaria. Perkebunan ini sangat populer sebagai penghasil bunga mawar paling berkualitas hingga dijuluki sebagai Ratu Rosewater. Jika mayoritas produk air mawar hanya mengandung 0,05% sampai 0,10% ekstrak bunga mawar, Bulgarian Rosewater mempunyai kandungan mawar asli hingga 0,35%.


2.Neroli Water


Neroli Hydrosol adalah ekstrak air bunga jeruk yang kerap digunakan sebagai toner wajah untuk menyeimbangkan pH kulit. Bahan tersebut juga kerap dicampurkan dalam pengolahan produk skincare serta aromaterapi. Beberapa khasiatnya untuk kulit, yaitu:

●     Mengaplikasikan toner ini pada wajah menjelang tidur dapat menghidrasi kulit sepanjang malam

●     Hilangkan gejala penuaan dini dengan neroli water yang ampuh untuk menjaga kulit tetap elastis.

●     Kandungan vitamin C dan B pada ekstrak bunga jeruk ini sangat efektif untuk mencerahkan wajah.

●     Neroli hydrosol juga membawa sifat anti bakteri, virus, dan mikroba sehingga dapat menjadi solusi untuk masalah iritasi.

●     Mengaplikasikan air bunga jeruk dapat membantu mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, terutama di area T yang sering membuat kulit tampak kusam.


3.Sandalwood water


Darjeeling Sandalwood Water diproduksi dari pohon cendana berkualitas yang tumbuh di kawasan Karnataka, India Selatan. Ekstrak kayu cendana ini dapat disemprotkan pada ruangan atau mobil untuk memberikan efek aromaterapi yang menyegarkan.

Sementara manfaatnya bagi kulit Anda adalah:

● Menggunakan ekstrak cendana ini sebagai toner dapat membantu meringkas pori-pori kulit.

● Ekstrak kayu cendana juga mengandung antiseptik yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk mengeringkan jerawat.

● Perangi flek hitam dengan sandalwood water yang dicampur sedikit bubuk kunyit.

● Jika ingin kulit tampak glowing berseri-seri, jangan lewatkan perawatan wajah dengan sandalwood water secara teratur.


4.Lavender Water


Aromaterapi lavender diketahui sangat ampuh untuk mengatasi stress dan dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Ekstrak air lavender akan menimbulkan rasa rileks, memancing rasa mengantuk, dan membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Sementara jika dijadikan toner wajah, inilah manfaat yang akan Anda dapatkan:

●     Lavender hydrosol ampuh untuk mendetoksifikasi kulit karena mengandung antiseptic dan anti inflamasi sehingga dapat digunakan pada pengobatan jerawat atau eksim.

●    Ekstrak air lavender dapat mendinginkan kulit yang terbakar serta terpapar sinar matahari (sunburn).

●     Jika disemprotkan pada kulit kepala, toner dari ekstrak air lavender dapat membantu mengatasi ketombe dan mengurangi kerontokan rambut.


5.Eucalyptus water



Produk terbaik dari aromatic water ini disebut Eucalyptus Globulus Hydrosol yang diolah dari daun eucalyptus pilihan perkebunan kaki gunung Himalaya. Hydrosol ini mempunyai kandungan antibakteri yang ideal untuk mengatasi infeksi pada kulit.

Selain itu toner dari ekstrak eucalyptus dapat mempercepat penyembuhan jerawat, flek hitam, eksim, sekaligus berfungsi sebagai anti aging. Jika sedang kehabisan krim pelembab atau tabir surya, campurkan toner ini dengan olive oil atau minyak kelapa dan aplikasikan pada wajah. Eucalyptus hydrosol juga ampuh untuk mengatasi serangan kutu kepala dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala.


6.Peppermint Water


Produk Peppermint hydrosol premium diolah dari daun mint di pertanian kawasan Uttar Pradesh, India Utara. Anda pasti akan langsung mengenali hydrosol ini dari aromanya yang sangat menyejukkan. Ekstrak air peppermint sangat baik untuk mengatasi otot yang lelah dan sakit karena karakternya yang dapat merevitalisasi. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan hydrosol ini dengan air mandi atau air untuk merendam kaki.


Selain itu hydrosol ini juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit, yaitu sebagai toner. Inilah khasiatnya:

●     Mencampurkan toner mint dengan yoghurt atau susu dapat membantu mengunci kelembaban kulit Anda.

●     Mint mempunyai kandungan asam salisilat dan antibakteri yang dapat mengatasi jerawat.

●     Menambahkan hydrosol ini pada masker kunyit, lemon, atau madu akan membuat kulit Anda lebih cerah.

●     Atasi gatal dan iritasi kulit akibat digigit nyamuk dengan toner yang satu ini karena mint bersifat menenangkan dan menyejukkan kulit.


7.Jasmine water

Siapa sangka selain mempunyai aroma yang harum dan menenangkan, bunga melati juga menyimpan khasiat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Produk jasmine water terbaik yang sangat direkomendasikan bagi Anda adalah Jasmine Sambac Water. Gunakan produk ini sebagai bagian dari perawatan wajah Anda dan dapatkan manfaatnya berikut ini:


●     Jasmine hydrosol dapat melembabkan kulit yang kering atau dehidrasi. Tetapi ingatlah untuk tidak menyemprotkan ekstrak air melati pada luka terbuka di kulit karena dapat memicu iritasi atau reaksi alergi.

●     Ekstrak melati mempunyai kandungan anti kuman serta anti virus sehingga ampuh untuk mengatasi jerawat. Semua ini karena keberadaan senyawa benzyl benzoate, asam benzoate, dan benzaldehida.

●     Gunakan jasmine water sebagai toner jika selama ini Anda mengalami masalah bekas jerawat yang membandel.

●   Menyemprotkan sedikit hydrosol di kamar akan membantu menenangkan pikiran serta mengusir stress. Dengan pikiran yang rileks Anda juga akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.





8.Tea Tree Water


Ekstrak air tea tree ini mempunyai aroma herbal yang lembut yang dapat mengurangi stress dan meringankan depresi. Selain itu tea tree water mengandung berbagai bahan aktif yang bersifat antivirus, bakteri, jamur, serta antiseptic.


Anda bisa menggunakan toner ini untuk membersihkan luka pada kulit, iritasi, serta mengatasi masalah jamur dan eksim. Tea Tree hydrosol juga dapat digunakan untuk merawat kulit kepala yang berketombe.

Ekstrak tea tree sudah cukup populer sebagai bahan campuran pada produk skincare anti jerawat. Gunakan toner secara teratur untuk menyembuhkan jerawat yang membandel sekaligus mengatasi komedo.


9.Citronella water


Citronella atau ekstrak air sereh cukup populer sebagai pengusir nyamuk. Padahal selain manfaat tersebut, citronella water juga dapat dijadikan toner untuk merawat kulit Anda. Ini karena citronella mempunyai sifat pembersih alami dan menjaga kesehatan kulit. Aromanya yang segar juga berfungsi sebagai aromaterapi untuk mengatasi stress.


10.Geranium water


Sama seperti citronella hydrosol, geranium juga ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga. Ekstrak air geranium yang beraroma bunga-bungaan segar ini seharusnya juga menjadi bagian dari perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Ini karena manfaatnya yang begitu besar bagi kulit, yaitu:


●     Geranium mengandung astringent alami yang dapat memudarkan garis-garis halus efek penuaan dini. Selain itu rutin mengaplikasikan toner ini dapat membuat kulit Anda awet muda dalam waktu lama.

●     Ekstrak geranium mempunyai kandungan zat cicatrisant yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Cicatrisant juga memperlancar peredaran darah yang menunjang proses recovery sel-sel kulit Anda. Karena itu toner dari geranium water efektif untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis jerawat.

●     memercikkan geranium water secara teratur pada wajah dapat mengatasi gangguan kulit, gatal-gatal, serta menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, berikut ini adalah panduan menjadikan aromatic water atau hydrosol sebagai bagian dari skincare Anda.

●     Semprotkan hydrosol dengan aroma favorit Anda setelah mengaplikasikan make up untuk menjaga tata rias tetap awet dalam waktu lama. Selain itu sentuhan akhir setelah ber-make-up ini akan membuat riasan tampak wajah lebih alami.

●     Hydrosol juga dapat dioleskan pada berbagai produk skincare dan bodycare Anda seperti pelembab, krim wajah, masker, body mask, lulur, scrub, dan lain-lain.

●     Untuk membuat aroma air mandi seharum bunga, Anda juga dapat menyemprotkan sedikit hydrosol, termasuk rose water sebelum berendam.

Nah, demikianlah 10 rekomendasi flower water terbaik untuk Anda. Pastikan hanya menggunakan produk aromatic water atau hydrosol berkualitas premium yang diekstrak dari tumbuhan dan bunga-bungaan terbaik. Semoga dapat menambah wawasan dalam merawat kulit Anda.