Blog

Manfaat Rosewater Untuk Kecantikkan Kulit dan Rambut Anda
...

Manfaat Rosewater Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Anda


Penggunaan rosewater untuk merawat kulit wajah beberapa waktu belakangan ini semakin banyak diminati. Selain sebagai produk skincare, tahukah Anda jika rose water juga berguna untuk merawat rambut Anda? Walaupun banyak peminatnya, sayangnya masih sedikit orang yang mengetahui cara memanfaatkan produk ini.Memang air mawar termasuk produk yang penggunaannya tidak spesifik, alias multifungsi. Anda penasaran bagaimana produk yang dihasilkan dari kelopak bunga mawar ini dapat mempercantik kulit wajah dan rambut? Simak informasinya berikut ini!



Air mawar atau rose water sebenarnya tidak ditemukan baru-baru ini melainkan sudah digunakan sejak 3000 tahun yang lalu. Cleopatra, ratu Mesir yang juga tersohor dengan kecantikan parasnya konon mengandalkan ekstrak air mawar untuk merawat kulitnya.Selain merupakan salah satu produk skincare tertua, di zaman dahulu air mawar juga banyak digunakan pada ritual keagamaan. Fungsi lain dari aromatic water ini adalah sebagai bumbu masak untuk memperkaya cita rasa serta aroma hidangan.


Sekilas Tentang Air Mawar





Air mawar sejatinya adalah produk sampingan dari proses pembuatan minyak esensial bunga mawar dengan cara penyulingan. Proses tersebut menghasilkan titik-titik uap yang kemudian ditampung sebagai air mawar. Produk ini sering juga disebut hydrosol yang membawa sifat-sifat dan khasiat bunga mawar tetapi dalam bentuk yang lebih mild.


Ekstrak air mawar menjadi kian populer setelah orang mengetahui berbagai khasiatnya, misalnya kandungan antiseptic serta antibakterinya. Inilah sebabnya rosewater toner ampuh untuk mengatasi jerawat, komedo, atau masalah kulit yang lain. Selain itu air mawar juga kaya akan nutrisi dan vitamin, yaitu vitamin A, C, dan E serta sumber antioksidan. Karena itu rose water juga berkhasiat sebagai anti aging yang dapat melawan efek penuaan kulit seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam.


Manfaat Air Mawar Untuk Wajah




Sebelum mulai memilih-milih produk rose water untuk merawat kulit Anda, ketahui dulu apa manfaat dari ekstrak air mawar ini.


Toner alami

Air mawar dapat menyegarkan sekaligus membersihkan kulit wajah Anda. Beberapa brand skincare menambahkan bahan rose water ke dalam produk pembersih two in one mereka. Cara menggunakan air mawar sebagai pembersih atau toner sangat mudah. Tuangkan atau semprotkan rosewater pada kapas steril kemudian usapkan pada wajah dengan lembut. Jika seluruh kotoran pada wajah sudah terangkat, aplikasikan rose water sekali lagi kemudian tepuk-tepuk wajah perlahan-lahan untuk membantu penyerapan.


Mengatasi jerawat dan mencegahnya kambuh kembali

Unsur yang berperan penting dalam hal ini adalah sifat antiseptic serta antibakteri pada rose water. Jika Anda mengalami masalah jerawat, aplikasikan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dengan cleansing milk atau facial wash. Lakukan hal yang sama di malam hari menjelang tidur. Setelah penggunaan secara teratur selama sekitar 1 bulan, Anda akan mendapatkan hasilnya, yaitu jerawat mulai berkurang.


Mencerahkan kulit wajah beberapa tingkat

Vitamin A dan E pada ekstrak air mawar berkhasiat untuk membuat kulit Anda lebih putih cerah beberapa tingkat. Kandungan vitamin pada air mawar juga menunjang proses pengelupasan atau eksfoliasi kulit secara alami. Kandungan antioksidan pada produk ini juga dapat membantu regenerasi kulit sehingga kulit terlihat lebih lembut.


Mengatasi iritasi

Rose water untuk kulit sensitif bekerja mengatasi iritasi kulit karena mempunyai sifat anti radang atau inflamasi. Dahulu produk ini juga sering digunakan untuk membantu pengobatan eksim kulit.


Sebagai anti aging

Jadikan toner air mawar sebagai bagian dari perawatan kulit Anda setiap hari jika ingin wajah terlihat awet muda. Air mawar juga mempunyai efek anti aging yang cukup efektif mengingat tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan pada produk ini.


Mengatasi kulit kering

Jika Anda dikaruniai jenis kulit yang kering dan sensitif, gunakan rose water sebagai toner yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Saat pertama kali diaplikasikan, ekstrak air mawar ini memberikan sensasi kesegaran serta rasa yang nyaman pada kulit.


Membuat make up lebih awet

Produk multifungsi ini dapat Anda jadikan face mist rosewater yang dapat membuat tata rias wajah lebih awet. Waktu terbaik untuk mengaplikasikan face mist atau hydrosol air mawar adalah sebelum memakai base make up dan riasan wajah. Face mist sebenarnya adalah pelembab sekaligus penyegar yang disemprotkan sehingga partikel-partikel kecilnya diserap kulit wajah dengan cepat. Spray ini juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang memberi efek menenangkan dan mengurangi stress.


Make up remover

Inilah produk terbaik untuk Anda yang selama ini mencari pembersih make up yang aman dan lembut di kulit. Air mawar sangat efektif mengangkat sisa make up, debu, dan kotoran sehingga wajah Anda kembali bersih. Aplikasikan rose water menjelang tidur malam serta menjelang mengenakan tata rias.


Mengatasi mata bengkak

Mata yang membengkak akibat begadang tentu membuat penampilan kurang sempurna. Untuk mengatasinya sangat mudah. Tuangkan rose water secukupnya pada kapas yang steril dan gunakan untuk mengompres mata. Diamkan selama 1 sampai 2 menit sebelum mulai mengaplikasikan pelembab atau foundation.


Manfaat Air Mawar Untuk Rambut

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa manfaat rosewater dapat dirasakan mulai ujung rambut sampai ke kaki. Selama ini mungkin belum banyak yang tahu khasiat air mawar untuk rambut. Setelah mengetahui daftarnya berikut ini semoga Anda tidak ragu lagi memanfaatkan produk tersebut untuk merawat rambut, selain merawat kulit.


Sebagai pelembab rambut

Rosewater ternyata mempunyai pH yang agak asam dan jika dicampurkan ke berbagai produk perawatan rambut akan berfungsi sebagai pelembab rambut. Seorang ahli kimia kosmetik, Erica Bibb asal Amerika menyebutkan bahwa lapisan kutikula rambut dapat mengerut jika terkena lingkungan yang asam.

Hasilnya kelembaban rambut akan terkunci lebih baik. Jika Anda tidak menemukan produk perawatan rambut dengan kandungan ekstrak mawar, tambahkan saja rose water pada shampoo sebelum digunakan.


Mengatasi masalah ketombe dan gatal-gatal

Kulit kepala yang gatal tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika ditambah ketombe. Akibatnya Anda jadi tidak percaya diri karena ketombe berguguran pada pakaian. Gunakan rose water spray untuk mengatasi masalah ini karena air mawar mengandung astringent. Manfaatnya adalah dapat meminimalkan produksi minyak pada kulit kepala serta mengatasi ketombe.


Melebatkan rambut

Dilansir dari Urban Company, yaitu website gaya hidup dari India, air mawar yang kaya vitamin dan nutrisi ternyata dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk memperlancar peredaran darah pada kulit kepala yang berdampak pada peremajaan folikel rambut.


Membuat rambut beraroma harum

Harum bunga mawar yang lembut ternyata mempunyai efek aromaterapi yang dapat memberikan efek relaksasi serta menenangkan pikiran. Dengan menambahkan rose water yang harum dengan sampo sebelum keramas akan membuat rambut Anda beraroma wangi bunga. Efek aromaterapinya akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Beberapa orang bahkan melaporkan bahwa menghirup wangi bunga ini bisa menyembuhkan sakit kepala mereka.


Tips Menggunakan Air Mawar

Tidak perlu bingung lagi mencari cara menggunakan rose water untuk merawat kecantikan kulit Anda. Simak panduannya berikut ini!

●     Campurkan 1 cangkir air, 10 tetes rose water, dan dua sendok gliserin kemudian aduk hingga merata. Berikutnya simpan campuran berbagai bahan ini ke dalam botol atau pot yang bersih dan tutup rapat. Anda bisa menggunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah yang sekaligus berkhasiat untuk menghidrasi kulit.

●     Singkirkan produk toner yang mengandung alkohol dari ritual perawatan kulit harian Anda. Sebagai gantinya gunakan saja rose water yang dapat menenangkan kulit sekaligus meringkas pori-pori dan meringankan masalah jerawat. Anda dapat mengaplikasikan toner setelah membersihkan wajah.

●     Menyemprotkan sedikit rose water dapat melembabkan kulit serta menyegarkan make up Anda. Sebaiknya pilih produk air mawar dengan kemasan spray yang praktis dan dapat digunakan kapan saja Anda membutuhkan kesegaran.

●     Untuk mengobati jerawat yang membandel Anda bisa membuat campuran air mawar dan bubuk cendana dengan perbandingan 1:2. Aduk sampai rata dan aplikasikan sebagai masker pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan hingga benar-benar kering baru dibilas sampai bersih.

Khasiat bubuk cendana adalah dapat menyerap kelebihan minyak sehingga proses penyembuhan jerawat berlangsung lebih efektif.

●     Selain masker bubuk cendana, Anda juga bisa membuat campuran sari lemon dan rose water untuk menyembuhkan masalah jerawat. Tetapi ingatlah untuk segera membasuh masker setelah 10 menit untuk menghindari perih dan rasa tidak nyaman lainnya pada wajah.

●     Untuk merawat kulit badan Anda bisa menambahkan rosewater water pada body mask, lulur, atau air untuk berendam. Selain mendapatkan berbagai khasiatnya yang luar biasa bagi kulit, keharuman bunga mawar yang menempel pada kulit juga bermanfaat untuk meredakan stress.

●     Setelah mencuci rambut, Anda bisa menyemprotkan rose water secukupnya pada kulit kepala kemudian dipijat dengan lembut. Jika dilakukan secara teratur Anda akan terbebas dari masalah ketombe, rambut rontok, serta iritasi pada kulit kepala.


Tetapi kalau Anda ingin merawat rambut dengan cara yang praktis, tinggal tambahkan saja rose water pada shampo kesayangan saat mencuci rambut. Nah, demikianlah berbagai beberapa metode untuk memanfaatkan air mawar untuk perawatan sehari-hari. Di pasaran tersedia cukup banyak brand skincare yang merilis produk air mawar dalam berbagai varian. Harga rose water juga sangat bervariasi sesuai dengan brand yang menjualnya.


Pilihlah produk air mawar yang harganya sesuai dengan ketersediaan dana agar memungkinkan untuk menggunakannya secara konsisten.

Tidak perlu memburu merk rose water yang bagus karena setiap produk mempunyai keunggulannya masing-masing. Yang lebih penting adalah mengetahui dengan pasti kandungan bahan pada produk incaran Anda tidak menimbulkan efek samping atau memicu alergi. Selain berbagai khasiat perawatan kulit dan rambut, air mawar ternyata juga mengandung manfaat obat herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan. Beberapa studi yang pernah digelar mendapati fakta bahwa campuran air mawar pada obat mata efektif untuk mengatasi conjunctivitis.

Beberapa laporan lain mengatakan bahwa efek aromaterapi ekstrak mawar dapat meringankan rasa sakit. Pada penelitian yang diadakan di tahun 2008, para ilmuwan menemukan jika rosewater juga berperan penting untuk menyehatkan organ pencernakan. Sementara kandungan antiseptiknya ampuh untuk mengatasi infeksi.


Baca Juga : Daftar Skincare dengan Kandungan Rose Water yang Bisa Merawat Kulit Sensitif