Blog

8 Best Essential Oil Diffuser Recommendations
...

Sejak wabah COVID-19 melanda Indonesia, banyak orang yang memilih berdiam diri di rumah. Supaya lebih nyaman, kelembaban udara di rumah pun harus tetap terjaga. Caranya, Anda bisa menggunakan essential oil diffuser. Essential oil saat ini semakin digemari oleh banyak orang. Apalagi, minyak ini dapat memperbaiki mood dan mengobati masalah pernapasan. Essential oil diffuser adalah alat yang mengubah minyak esensial menjadi butiran kecil, kemudian nantinya akan menyebar ke seluruh ruangan agar membuat pikiran menjadi rileks. Minyak esensial diffuser terbagi menjadi beberapa tipe. Selain itu, sudah banyak ukuran hingga fiturnya yang membuat orang jadi bingung. Agar tidak keliru, berikut ini adalah rekomendasi diffuser essential oil terbaik yang bisa Anda pilih:


Rekomendasi Essensial Oil Diffuser

Berikut ini merupakan 8 Rekomendasi Essensial Oil Diffuser Terbaik, yaitu :


1.Young Living Sweet Aroma Diffuser

Essential oil diffuser Young Living sudah dikenal oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan Young Living memiliki kualitas terbaik dan fungsi yang optimal. Salah satu produk andalannya adalah Sweet Aroma Diffuser yang dijual dengan harga terjangkau. Bentuknya pun cukup unik dan ukurannya juga simpel. Selain itu, kualitasnya juga tak perlu diragukan lagi. Sweet Aroma Diffuser dapat menyebarkan uap essential oil ke seluruh ruangan dalam waktu 4-8 jam. Harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp600.000 hingga Rp680.000.


2.InnoGear USB Aromatherapy

Diffuser ini dirancang khusus untuk menguapkan minyak esensial di dalam mobil. Ukurannya pun cukup unik, karena hampir mirip dengan kaleng soda dan menjadikannya lebih praktis untuk ditaruh di mana saja. Tentunya, produk diffuser ini cocok dijadikan sebagai teman perjalanan Anda. Selain menjadi aromaterapi, nantinya kelembapan udara di kabin mobil akan terjaga karena adanya humidifier. Bagi Anda yang ingin menghilangkan rasa bosan karena macet, maka bisa memilih InnoGear USB Aromatherapy.

Selain itu, InnoGear juga menjadi best essential oil diffuser di situs Amazon. Harga diffuser portable ini dijual sekitar Rp550.000.


3.PureSpa Essential Oil Diffuser

Jika Anda ingin merasa rileks, maka bisa menggunakan diffuser dari PureSpa. Diffuser ini bisa bertahan hingga tujuh jam dan membantu mengatasi asma, hidung tersumbat hingga kulit kering. Cara penggunaannya cukup mudah, karena adanya gelas ukur. Selain itu, diffuser ini juga dilengkapi dengan adaptor AC dan dapat menghasilkan kabut atau udara dingin agar terasa menyegarkan. Harga diffuser PureSpa dibanderol sekitar Rp500.000.


4.Kbaybo Aroma Diffuser

Berbeda dengan diffuser lainnya, Kbaybo dilengkapi dengan fitur timer dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Mode timer-nya sendiri terbagi menjadi beberapa menit, yaitu 12, 60, dan 180 menit. Sehingga, diffuser ini bisa dimatikan secara otomatis. Kbaybo Aroma Diffuser juga memiliki ukuran tangki yang cukup besar, yakni 500 ml sebagai tempat untuk menyimpan aromaterapinya. Tangki ini bisa dibuka dan dibersihkan. Kbaybo dijual mulai dari harga Rp300.000 hingga Rp400.000.


5.Secret Garden Aroma Reed Diffuser

Bagi Anda yang ingin mempercantik meja kamar dan ruang tamu, bisa memilih Secret Garden Aroma Reed Diffuser. Alat ini memiliki wadah berukuran 140 ml yang dapat memuat hingga belasan pemancar aroma. Diffuser dari Secret Garden tersedia dalam lima varian, yaitu Frangipani, Bliss, Sensual, Energize, dan Jasmine. Masing-masing variannya memiliki aroma dan manfaat yang berbeda-beda. Salah satu varian yang paling recommended adalah Sensual, karena dapat membangkitkan suasana rileks. Secret Garden Aroma Reed Diffuser dibanderol mulai dari Rp110.000 hingga Rp275.000.


6.Miniso Reed Diffuser

Essential oil diffuser Miniso yang satu ini memiliki aroma yang tahan lama. Diffuser ini hadir dalam empat pilihan aroma yang dapat menenangkan pikiran serta memperbaiki mood. Empat varian aroma tersebut adalah White Tea & Orris, Tuberose & Gardenia, Damascus Rose, dan Grapefruit & Gardenia. Aroma yang paling recommended adalah White Tea & Orris. Miniso Reed Diffuser dapat ditaruh di mana saja, seperti kamar, kamar mandi, dan meja kamar. Untuk harganya, reed diffuser ini dijual sekitar Rp60.000 saja.


7.URPOWER Diffuser

Diffuser milik URPOWER didesain secara minimalis dan modern, kemudian dapat meminimalisir penyakit sinus. Diffuser ini juga berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di ruangan dan mengatasi batuk. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan air sekitar 100 mm dan beberapa tetes minyak esensial apapun, lalu diffuser ini akan mengharumkan ruangan hingga enam jam. Selain itu, diffuser ini bisa dimatikan secara otomatis saat tidak ada air, sehingga Anda akan terhindar dari risiko kebakaran. Harga jual diffuser essential oil URPOWER ini adalah sekitar Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000.


8.Organic Supply Co. Ultrasonic

Jika Anda ingin memiliki diffuser Organic Supply Co. Ultrasonic, maka tidak perlu menghabiskan banyak uang. Diffuser ini memiliki ukuran tangki yang mencapai 180 ml dan bisa bertahan selama belasan jam. Beratnya sendiri tidak sampai 0,5 kg, lalu cocok dibawa ke mana saja. Cara menggunakan essential oil diffuser ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengatur durasi waktunya saja, yaitu 30, 60, 120, atau 180 menit. Organic Supply Co. juga memberikan garansi selama satu minggu sejak tanggal pembeliannya. Selain kapasitas 180 ml, ada juga ukuran mini dan super portable dengan kapasitas 50 ml. Harganya dibanderol sekitar Rp600.000.


Manfaat Menggunakan Aroma Diffuser Terbaik


Tidak hanya menghasilkan aroma, diffuser juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal itu disebabkan oleh efeknya yang bisa dirasakan aromanya dihirup melalui udara. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aroma diffuser:


1.Mengurangi Flu dan Pilek

Terdapat aroma diffuser yang dapat mengurangi flu dan pilek, salah satunya adalah minyak Eucalyptus. Kandungan tersebut bisa menghambat penyebaran bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap terlindungi.


2.Mengurangi Stress

Aroma yang dihasilkan dari diffuser juga berfungsi untuk mengurangi stress. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah rose vanilla dan peppermint.

Namun, minyak esensial juga dapat membahayakan kesehatan tubuh, seperti iritasi kulit dan alergi. Hal itu bisa dicegah dengan menggunakan produk aroma diffuser dan minyak esensial berkualitas.


3.Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Minyak esensial yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah peppermint, lemon, dan tea tree.

4.Melancarkan Saluran Pernapasan

Menghirup aroma minyak esensial dari diffuser dapat melancarkan saluran pernapasan, mencegah flu dan batuk, dan menjaga daya tahan tubuh. Minyak esensial yang dapat Anda gunakan adalah tea tree, eucalyptus, dan lemon.


5.Memperbaiki Jam Tidur

Minyak esensial juga bisa meningkatkan aktivitas Neurotransmitter (senyawa kimiawi) pada otak dan melepaskan hormon Serotonin dan Dopamin yang membuat jam tidur lebih lama. Anda bisa menaruh aroma diffuser di kamar agar dapat beristirahat dan tidur dengan nyenyak. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah clary sage, lavender, dan chamomile.


6.Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Jika Anda memiliki nafsu makan yang berlebih, maka bisa menggunakan aroma diffuser. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah peppermint, karena terbukti mengurangi nafsu makan dengan cara memicu rasa kenyang. Minyak esensial peppermint juga dianggap mampu meningkatkan stamina tubuh. Jadi, Anda tetap bersemangat meskipun sedang mengurangi porsi makan.


7.Meredakan Rasa Sakit

Jika mengoleskan minyak esensial di tubuh, maka rasa sakit Anda akan menghilang secara perlahan. Minyak esensial juga sudah terbukti dapat mengatasi dan mengurangi rasa sakit.


8.Ruangan Bebas Bakteri

Jumlah bakteri dan virus semakin banyak yang hinggap di udara. Hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Cara yang bisa dilakukan adalah menaruh minyak esensial di dalam ruangan, kemudian akan terbebas dari bakteri atau virus. Hal itu dikarenakan minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Minyak esensial akan disebarkan melalui diffuser, kemudian senyawa organiknya bersentuhan langsung dengan patogen di udara. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan takut terserang penyakit. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah oregano, tea tree, dan lemon.


9.Memperbaiki Mood

Minyak esensial juga dapat memperbaiki mood dan mencegah kecemasan. Dengan begitu, Anda bisa beraktivitas di rumah dengan nyaman dan tenang. Anda juga bisa menikmati makan malam dengan menyalakan aroma diffuser. Biasanya, minyak esensial yang digunakan adalah sweet orange, vanilla, rose, jasmine, dan scotch pine.


10.Mengatasi Serangga

Manfaat lain dari aroma diffuser adalah mengusir dan mengatasi gigitan serangga, terutama nyamuk. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah cedarwood, lemongrass, dan rosemary.


Jenis-jenis Diffuser yang Ada di Pasaran




Saat ini, ada berbagai jenis diffuser yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah uraiannya:


1.Reed Diffuser

Diffuser ini menggunakan stik rotan berukuran kecil yang berfungsi untuk menyebarkan aroma minyak esensial ke seluruh sudut ruangan. Reed diffuser digunakan oleh banyak orang, karena lebih praktis dan tidak membutuhkan api, air, dan listrik. Reed diffuser sangat cocok digunakan di meja kerja dan kamar tidur. Jika ingin lebih tahan lama, Anda bisa menggunakan minyak esensial yang ringan, seperti bergamot dan grapefruit.


2.Ultrasonic Diffuser

Diffuser yang satu ini bekerja dengan cara memanfaatkan gelombang listrik untuk menguapkan minyak esensial ke dalam tangki. Ultrasonic diffuser diklaim lebih hemat, karena tetap bekerja meskipun minyak esensialnya sedikit. Selain itu, ultrasonic diffuser memiliki sistem otomatis yang berfungsi untuk mematikan alatnya agar minyak esensial yang tersebar lebih terkontrol.


3.Keramik Diffuser

Diffuser keramik sering ditemukan di tempat spa atau souvenir pernikahan. Alat ini memiliki cawan (cangkir) yang digunakan untuk menaruh minyak esensial. Setelah itu, minyak esensial akan menyebarkan aroma ke udara saat lilin di bagian bawah menyala.


4.Nebulizer Diffuser

Jenis diffuser ini dapat memecahkan molekul menjadi lebih kecil, kemudian bisa bertahan di udara selama beberapa jam. Namun, nebulizer diffuser tidak cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan, karena suaranya cukup bising. Selain jenis diffuser di atas, ada juga diffuser car dan diffuser hair. Umumnya, diffuser car menggunakan sistem elektrik berukuran kecil agar menghasilkan aroma di dalam mobil. Sementara untuk diffuser hair, bisa menata rambut agar bergelombang dan keriting. Jika Anda sedang merasa stress dan tidak mood, maka bisa menggunakan essential oil diffuser agar menjadi lebih rileks. Namun, diffuser tidak selalu baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kecocokan kulit dengan minyak esensial yang digunakan.


Baca juga : Ternyata Peppermint Dapat Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah